PERTEMUAN KE-19. PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI. GELOMBANG 23 & 24. Dengan Tema "Pemasaran Buku"
"Awan lembayung, menghiasi bandar indah permai, aman terlindung, oleh pulau seribu melambai, melambai rona merona, mengembang layar laju perahu nelayan, memecah buih menyusur pantai, menuju teluk Jakarta", suamiku sedang melantunkan lagu Bandar Jakarta, suaranya yang merdu merayu hatiku damai.
"Pak, nyanyinya dilanjutkan sampai selesai, jangan setengah-setengah, Ibu kan suka lagu itu", ucapku pada suamiku.
"Coba Ibu lanjutkan Bapak agak batuk Bu", jawabnya .
"Ibu lagi konsentrasi menyimak materi Pelatihan Belajar Menulis Pertemuan Ke-19 Pak. Bapak masih semangat kan mendengar resume yang Ibu buat ", jawabku sambil bertanya.
"Okey Semangat Pagi" , jawabnya.
Pada malam Senin, 28 Februari 2022. Tepat pukul 19.00 WIB. Dengan Narasumber Bapak Agus Subardana, S.E., M.M. dan di Moderatori oleh Ibu Raliyanti, akan mengisi Pelatihan Belajar Menulis PGRI dengan tema "Pemasaran Buku".
Dari tahun 1999 sampai sekarang, Beliau menggeluti Bidang Pemasaran. Beliau sering menjadi moderator diberbagai event webinar.
Buku merupakan salah satu sarana penyampaian informasi. Pemererintah bahkan menganjurkan kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, secara tidak langsung menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Bahkan dalam masa pandemi Covid-19, industri penerbitan buku sekala Global-Dunia justru mengalami pertumbuhan cukup signifikan.
Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dan berkoordinasi dengan beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi beberapa faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Strategi Pemasaran buku juga dipetakan menjadi dua yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku serangan Darat (off line), dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (On Line)
1.Pentingnya Transformasi Digital
Digital Marketing sering digunakan dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku.
Adapun Manfaat Digital Marketing antara lain:
o Biaya lebih relatif terjangkau atau murah
o Daya Jangkauan sangat luas
o Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai katagori
o Komunikasi dengan Konsumen Lebih Mudah
o Lebih cepat popular
o Sangat Membantu Meningkatkan Penjualan
o Mudah di evaluasi dan di kembangkan
Strategi On Line memiliki lima stretegi, yaitu:
a. Melakukan pengelolaan secara intens terhadap buku-buku best seller.
b. Melakukan program Pre Order melalui toko buku online, e-Commerce, maupun reseller individu.
c. Melakukan optimalisasi di semua lini produk, baik optimalisasi promosi, branding, hingga reseller.
d. Melakukan optimalisasi stock produk melalui program bundling dan online.
e. Mengelola Dead Stock, yakni mengelola buku-buku yang tidak terjual melalui program diskon dan melakukan books fair / pameran buku secara On Line.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE)
1. Strategi Pemasaran di Toko Buku
Untuk mempertajam pemasaran di toko buku dapat kita lakukan Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain: Mengadakan promosi, mengadakan bedah buku, dan menguasai display buku (supaya terliha menarik dan menonjol).
Strategi pemasaran buku yang terakhir yaitu Directselling. Direct selling atau penjualan langsung dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dan berbiaya rendah. Cara ini memungkinkan kita untuk mengurangi biaya iklan, menghindari biaya overhead, dan membangun hubungan pelanggan yang tahan lama dan jangka panjang. Pemasaran Buku melalui Directselling dipetakan berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan.
Strategi dengan melakukan diskon/ promosi yang menarik akan membuat masyarakat menarik untuk membeli. Cara mempromosikan buku dilakukan secara Online dan Offline, caranya tentu kita yang lebih mengetahui target yang akan melirik buku kita.
Menurut Beliau "Teruslah menulis dalam bentuk buku Cetak atau buku digital. Karena dengan menulis maka karya Bpk Ibu akan di kenang selama-lamanya".
'Teruslah Berkarya hingga kita lelah, dan sudah tidak sanggup lagi untuk menulis"
Salut sama bunda, pasangan yg sangat romantis menulis resume selalu didampingi suami tercinta, sehat selalu bunda dan keluarga
BalasHapusYa Allah,terima kasih Ibu Ketua yang cantik dan baik hati yang selalu menjadi inspirasi saya .
HapusProlognya keren... tulisannya berkarakter.. semangat selalu
BalasHapusbun
Terima kasih Bu Raliyanti apresiasinya semoga menjadi ladang amal .salam sehat selalu dan salam literasi ,Bunda.
HapusWaah selalu menampilkan ciri khas bunda Maryati. Sisi romantisme dan resume yang apik serta berwarna
BalasHapusTerima kasih Bu Sekjen yang cantik dan baik hati
HapusProlognya ok, tulisannya mantap bunda Marπππ
BalasHapusTerima kasih Bu Elmiya yang cantik dan baik hati
HapusWoow syairnya bikin meleleh
BalasHapusTerima kasih Bunda Zaenab yang cantik dan baik hati
HapusBunda romantis banget ya..tulisannya juga keren banget, lengkap dan informatif.
BalasHapusTerima kasih Bunda Susi yang cantik dan baik hati ,puisi bu Susi selalu membuat saya kangen
HapusMantep tenan bu.salm literasi
BalasHapusTerima kasih Bu Sri yang cantik dan baik hati
HapusMbak Maryati selalu dengan alur yg mengalir mnpesona
BalasHapusmantap banget diksinya renyah
BalasHapus